Filosofi Gapura Indung Rahayu Purwakarta







    Kabupaten Purwakarta merupakan  merupakan salah satu daerah yang konsisten dalam mempertahankan nilai-nilai budaya , khususnya budaya sunda. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai hiasan yang terdapat di sepanjang jalan kota seperti patung-patung , lampion , air mancur , cetok atau caping ,serta gapura  berbentuk unik yang terdapat di setiap Gerbang perbatasan maupun di tiap-tiap bangunan penting seperti kantor pemerintahan ,hingga sekolah-sekolah.

    Dibalik keindahan gapura yang menghiasi kabupaten ini , terkandung nilai filosofi tinggi baik dalam nama dari gapura itu sendiri maupun filosofi desain gapura tersebut.
Gapura yang dinamakan Gapura Indung Rahayu tersebut memiliki arti Ibu sebagai akar Kemuliaan Hidup , nama ini merujuk pada filosofi kesundaan “Indung Tunggul Rahayu”.

 Gapura Indung Rahayu mulai dibangun pada tahun 2008 di sebagian besar wilayah kabupaten Purwakarta , dan sejak saat itu menjadi ciri khas yang terlihat mulai dari wilayah kota sampai dengan pelosok pedesaan. 



   Pembangunan gapura ini merupakan gagasan Bupati Purwakarta Kang Dedi Mulyadi yang dimaksudkan menyampaikan makna dari Pintu interaksi dengan dunia luar dan symbol Inklusifitas , simbol  keterbukaan dan memberi maaf , serta membuat Purwakarta seakan menawarkan keterbukaan keramahan pada dunia.



    Gapura ini memiliki alas persegi berbentuk kubus  yang pada bagian atasnya terdapat 3 (tiga) lekukan utama yang melambangkan “Tri Tangtu Jaya Dibuana” atau 3 (tiga) ketentuan Hidup .
   
   Lekukan pertama melambangkan Rama yakni kaum cendikiawan atau akademisili , lalu Lekukan kedua melambangkan Resi yakni kaum agamawan  dan Lekukan ketiga melambangkan Prabu yang bertugas merumuskan dan menjalankan arah kebijakan Negara .


    Selain nilai-nilai tersebut , gapura ini juga sebagai wujud memuliakan perempuan khususnya seorang ibu yang merupakan akar kemuliaan hidup. Manusia akan memperoleh kemuliaan manakala dirinya memperoleh pengampunan dari sang Ibu.


Komentar

Postingan Populer